HIMA PGSD PENJAS GELAR LOMBA SENAM ANGGUK SD SE-KULON PROGO

Hima PGSD Penjas FIK UNY menggelar lomba Senam Angguk antar Sekolah Dasar se Kulon Progo pada Minggu (25/9) di GOR UNY Kampus Wates. Dalam sambutan, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Sumarsono, M.Si. menyampaikan apresiasi yang tinggi atas digelarnya lomba senam angguk untuk Sekolah Dasar se – Kulon Progo. “Senam angguk merupakan bagian dari pelestarian kebudayaan Kulon Progo dengan menyinergikan antara senam dan tarian angguk. Sehingga kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi bagi anak-anak SD untuk ikut melestarikan budaya sekaligus memberikan semangat berolahraga sejak dini.” Acara pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo didampingi oleh Sekretaris Bidang III, F.Suharjana, M.Pd.
Sedangkan Menurut Sekretaris bidang III, F. Suharjana, M.Pd. menyampaikan bahwa menang dan kalah dalam sebuah kompetisi merupakan hal yang biasa jadi diharap untuk para peserta lomba untuk tetap bersemangat dan menjunjung tinggi sportivitas.”Jangan berkecil hati bagi adik adik yang belum juara karena yang lebih penting para peserta lomba dapat telah turut andil dalam melestarikan kebudayaan senam angguk Kulon Progo.”ungkap Suharjana
Setiap regu senam angguk terdiri dari 10 orang anak dan menampilkan senam angguk versi 1 dengan kriteria penilaian berupa kerampakan yakni tinggi rendah postur tubuh, kekompakan yakni keseragaman gerakan dan penguasaan gerakan secara keseluruhan, koreografi, penampilan yakni keserasian, kerapian dan keberanian melakukan gerakan.
Menurut Guru pendamping SD Janturan, Suryani, A.Ma.Pd. Bahwa untuk untuk persiapan mengikuti senam angguk ini membutuhkan latihan selama 1 minggu. “ kalau untuk gerakan intinya anak2-anak sudah hapal karena setiap 1 minggu sekali pasti dilakukan pada saat senam pagi. Tapi untuk kreasi dan koreografinya perlu dilatih untuk menyeragamkan gerakan dan kekompakan,” ungkap Suryani.
Pemenang dalam perlombaan senam angguk se-Kulon Progo ini juara 1 diraih oleh SD N Serang, Juara II oleh SDN 2 Janturan dan Juara III diraih oleh SD Negeri 2 Pengasih. Dalam acara tersebut juga diadakan permainan edukatif yang diikuti oleh peserta sekolah dasar.