HIMA PGSD WATES PEDULI BENCANA

Hujan deras selama seharian penuh menyebabkan beberapa bencana alam di beberapa daerah salah satunya Purworejo. Tanah longsor dan banjir bandang terjadi di beberapa titik di Purworejo. Kerugian baik jiwa maupun materi dialami oleh masyarakat korban bencana alam. Keprihatinan akan kabar tersebut menggugah mahasiswa PGSD Kampus Wates untuk bergerak nyata.
Dalam salah satu misi yaitu menciptakan mahasiswa berjiwa sosial tinggi yang berguna bagi masyarakat, HIMA PGSD Kampus Wates melaksanakan aksi peduli bencana alam di Purworejo. Diawali dengan melakukan galang dana baik berupa uang maupun barang melalui media sosial. Hasil penggalangan dana kemudian disalurkan kepada korban di Purworejo.
Selasa, 21 Juni 2016 tepat pukul 09.00 WIB rombongan mahasiswa berangkat dari Wates dengan menggunakan satu mobil dan beberapa motor menuju Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Purworejo untuk mencari info lokasi yang membutuhkan bantuan. Kemudian diputuskan untuk menuju desa Jelok, Kaligesing, Purworejo yang merupakan salah satu desa yang terkena tanah longsor dengan membawa bantuan sembako, air mineral, pakaian layak pakai, dll. Rombongan menuju lokasi sekitar 20 menit dari BPBD dengan kondisi yang cukup ekstrim karena jalan yang berkelok serta licin. Sampai di lokasi bantuan disalurkan melalui posko yang tak jauh dari lokasi tanah longsor.
Setelah itu rombongan menuju lokasi longsor bertemu beberapa korban longsor. Menurut salah satu warga Koran yang selamat kejadian diawali dengan hujan deras pukul tiga sore hingga malam hari sekitar pukul tujuh malam terjadi banjir di salah satu sungai, saat itu warga mulai kebingungan disusul dengan tanah longsor secara mendadak sekitar pukul delapan malam membuat warga semakin bingung. Bencana tersebut menelan korban dan menyebabkan kerugian besar dengan rusaknya rumah-rumah warga.