Kebugaran Jasmani Modal dasar keberhasilan di PPG SM-3T

Program PPG SM-3T yang berlangsung selama 1 tahun dengan kegiatan workshop dan PPL yang padat mengharuskan stamina dan kebugaran yan sehat. Sebagai program diawal kegiatan, Pengelola Asrama mengadakan test kebugaran jasmani bagi para mahasiswa PPG SM-3T angkatan IV pada Sabtu (26/3) di halaman rusunawa dan alun-alun wates. Test kebugaran jasmani terdiri dari ukur berat badan, tinggi badan dan lari sejauh 1600 m.
Menurut Ketua Pengelola Rusunawa Wates, Dapan, M.es kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti. “Bagi mahasiswa PPG SM-3T aktivitas yang padat membutuhkan fisik yang bugar. Hal ini dapat dilatih dengan melakukan aktivitas fisik minimal 3 kali seminggu dengan durasi 20-30 menit secara teratur, terukur dan bertahap. Misalnya kita bisa naik turun tangga di asrama setiap pagi secara bertahap sedikit demi sedikit,”ungkap Dapan.
“Selain itu asupan makanan juga harus diperhatikan. Komposisi antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan cairan juga harus seimbang. dari asupan tersebut dapat kita ukur dengan jumlah Indeks Massa Tubuh dengan kategori kurus, ideal dan obesitas. Jika kurang dari 18,5 adalah kurus dan lebih dari 25 termasuk obesitas. Keberhasilan kalian untuk dapat bertahan selama 1 tahun di asrama dan lulus UTN salah satunya adalah dengan tetap sehat dan bugar,” papar Dapan.
Disela-sela tes kebugaran juga digelar pelantikan kepengurusan PPG SM-3T angkatan IV yang terdiri dari Lurah Putra, Sidiq Pramudito dari prodi Pendidikan Biologi, Lurah Puteri, Joan Bugis dari PPKN, Sekretaris Putra, Wahyudin dari prodi PPKN dan Sekretaris Putri dari Prodi Sosiologi. Serta dibantu oleh RT dan RW untuk tiap lantai yang terdiri dari ketua RT 03 Timur Putera, Muhammad Sujanto dari prodi Pendidikan Sosiologi, Ketua RT 03 Barat Putera, Basuki Rachmat dari prodi PJKR, Ketua RT 04 Timur Putera, Firmansyah Sulistiyono dari prodi Pendidikan Teknik Mesin, Ketua RT 04 Barat Putera, Seto Suryo Atmojo dari prodi PJKR.
Sedangkan untuk lantai asrama puteri dari ketua RT 01 Timur Puteri, Tsany Nur Farhani dari prodi PAUD, Ketua RT 04 Timur Puteri, Fitria Arumsari dari prodi PAUD, Ketua RT 04 Barat Puteri, Agasta Ika Wulansari dari prodi Pendidikan Biologi, Ketua RT 05 Timur Puteri, Komang Novitri Ardani dan Ketua RT 05 Barat Puteri, Wahyu Wardani Setyaningsih dari prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Dalam sambutannya, Ketua Pengelola UNY Kampus Wates, Bambang Saptono,M.Si. menyampaikan bahwa kepengurusan dalam PPG SM-3T ini merupakan amanah dan bukanlah beban bagi mahasiswa yang diberi tugas tambahan. “Asrama ini anggaplah sebagai milik bersama. Rawatlah sebagaimana seperti rumah sendiri. Sebagai pengurus rusunawa kami menerapkan pendekatan andragogi (pendekatan untuk orang dewasa) bukan pedagogi lagi. Dengan pendekatan ini semoga kita saling paham tugas dan tujuan dari PPG ini untuk bisa lulus 100%”,pesan Bambang.