KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR PGSD DI UNY KAMPUS WATES

Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan PGSD bekerjasama dengan Pusdiklatcab Kulon Progo menggelar Kursus pembina pramuka Mahir tingkat Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan prodi PGSD angkatan.2014 yang digelar pada tanggal (8-13/8) bertempat di UNY Kampus Wates. Acara ini diikuti oleh 160 peserta yang terdiri dari 118 putri dan 42 putra. Kegiatan ini dibuka ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Dekan III FIP, Dr. Sujarwo, M.Pd.
Pada saat membuka acara, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Sujarwo, M.Pd. Menyampaikan bahwa partisipasi mahasiswa untuk mengikuti KMD ini disambut baik. “Pada masa zaman sekarang telah terjadi degradasi moral pada remaja maupun anak-anak. Variasi IT yg cukup canggih telah melunturkan sopan santun, etika dan memunculkan sikap egois. Tidak hanya kalangan remaja, mahasiswa pun juga mengalami darurat pergaulan. Pergaulan bebas sudah dianggap permisif dengan pola hidup semaunya sendiri. Di kalangan mahasiswa telah hilang keseimbangan karena salah capaian dan sasaran,” ungkap Sujarwo.
Melihat kondisi seperti itu, salah satu cara itu membentuk karakter yang baik adalah dengan menciptakan kebiasan-kebiasan yang baik. Karakter yang baik terbentuk dari kebiasan yang baik. Membentuk karakter baik yaitu dengan melatihnya. Salah satu kegiatan yang dapat membentuk karakter adalah dengan menyebarkan virus baik dari kegiatan mahir dasar.Diharapkan dari kegiatan ini akan memberikan stimulus untuk membiasakan diri berperilaku yang baik. “Mahasiswa mempunyai tanggung jawab penuh setelah kegiatan ini untuk untuk menjadikan pedoman agar kehidupan lebih baik lagi, harap Sujarwo.
Sedangkan menurut Wakil Ketua Kwartir cab. Kulon Progo Drs. H. Bardjo memberikan apresiasi yang mendalam terhadap UNY yang telah menjadikan ketakwaan, kemandiran dan kecerdasan sebagai dasar pencapaian mahasiswa UNY. “Ini akan meringankan tanggung jawab kita sebagai pemegang amanah kepramukaan karena hal itu sama dengan dasar gerakan pramuka Keppres 238 tahun 1961 agar anak-anak dan pemuda Indonesia harus memiliki kepribadian yang berwatak luhur, cerdas dan takwa. Pramuka merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter anak bangsa dan mengatasi kemorosotan moral dan karakter,” jelas Bardjo.
Para peserta selama kursus pembina Mahir tingkat Dasar ini akan mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang kepramukaan, kerjasama, dan kepemimpinan. Juga diadakan acara unggun sebagai malam apresiasi kesenian dari para peserta.