MAHASISWA D4 MESIN OTOMOTIF MENYELENGGARAKAN WEBINAR "ENGINE" DALAM RANGKA MENINGKATKAN SUASANA AKADEMIK DIMASA PANDEMI COVID-19

Pada tanggal 28 Maret 2021, Mahasiswa Sarjana Terapan Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan webinar otomotif yang bertemakan Engine. Kegiatan webinar ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa Sarjana Terapan Mesin Otomotif. Adapun rangkaian kegiatan Webinar Otomotif tahun 2021 ini terdiri dari empat rangkaian acara Webinar Otomotif yang bertemakan: Engine, Chassis, Electrical, dan Body.

Kegiatan Webinar Otomotif Engine 2021 merupakan kegiatan yang bertujuan sebagai wadah silaturahmi civitas akademika dalam prodi Sarjana Terapan Mesin Otomotif FT UNY, Menjaga ekosistem belajar yang baik bagi mahasiswa khususnya pada masa pandemic dan pembelajaran daring, Meningkatkan keaktifkan dan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam wadah prodi, Meningkatkan ilmu pengetahuan serta keaktifan diskusi mahasiswa mengenai bidang otomotif khususnya keilmuwan engine.

Webinar ini diikuti oleh seluruh Prodi Sarjana Terapan Mesin Otomotif yang berjumlah 90 anak dan menghadirkan Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T., sebagai pemateri dan selaku Kepala Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan webinar Otomotif 2021. Beliau menyampaikan pentingnya menjaga ekosistem akademik yang baik walaupun dalam keadaan pandemic covid-19, baik melalui kegiatan belajar mengajar secara daring maupun kegiatan diluar KBM, salah satunya dengan kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh Mahasiswa ataupun kegiatan lain yang menunjang softskill dan hardskill mahasiswa.

Pemateri dalam webinar ini Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T., yang menjabat sebagai Kepala Jurusan Pendidikan Tenik Otomotif dan Dosen Teknologi Motor Bensin dan Diesel memaparkan materinya yang berjudul “Perkembangan Teknologi Motor Bensin”. Beliau menuturkan bahwa perkembangan teknologi motor bensin sangat pesat, dimulai dari teknologi berbasis konvensional hingga teknologi modern seperti sekarang. Mulai dari sistem pembakaran tak langsung, kemudian menjadi direct injection, teknologi yang diterapkan pada mesin diesel terus melesat dengan menerapkan peranti-peranti peningkat tenaga, dan tentunya menjadi semakin efisien soal penggunaan bahan bakar. Setelah dilakukan sesi materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Dyana Arum Nugraini sebagai Moderator mengenai materi yang disampaikan, mahasiswa diberikan kesempatan bertanya sebanyak 3 termin.

Pada sesi terakhir, dilaksanakan dokumentasi foto bersama dari seluruh peserta, pemateri, dan panitia kegiatan Webinar Otomotif Engine 2021. Semua pihak mengharapkan bahwa kegiatan webinar otomotif dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mencapai tujuan kegiatan webinar ini.