PEMERINTAH MENSYARATKAN GURU HARUS BERSERTIFIKAT PENDIDIK

“Pemerintah pada tahun 2016 hanya akan menerima guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik. Ini merupakan kabar gembira bagi teman-teman semua. Sementara ini sertifikat pendidik hanya diberikan kepada lulusan PPG SM-3T angkatan I, II dan kepada anda semua kelak sebagai angkatan ke III setelah lulus Ujian Tulis Nasional,” ungkap Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. pada acara monitoring, pembekalan dan doa bersama menjelang Ujian Nasional PPG SM-3T di Auditorium UNY Kampus Wates, Minggu (3/1/2016).
Para lulusan PPG SM-3T juga dapat mendaftar menjadi guru di daerah terpencil melalui program Guru Garis Depan. Program Guru Garis Depan merupakan program dari kemdikbud untuk menyebar guru ke pelosok daerah 3T. “Alumni dari PPG SM-3T jika ingin kembali mengajar di daerah terpencil dapat mendaftar Guru Garis Depan. Guru Garis Depan ini juga mensyaratkan harus memiliki sertifikat pendidik,” tambah Rochmat.
Lanjutnya bahwa lulusan PPG SM-3T telah mengalami masa pengemblengan pada saat mengajar di daerah 3T. Lulusan ini telah teruji memiliki kemampuan fisik yang kuat, kemampuan akademik yang mumpuni juga keunggulan moril dan karakter yang tidak diragukan lagi. “Fase perjuangan nan panjang telah kalian lalui dan akhirnya tiba pada titik penentuan di UTN yang akan datang. Dan kata kuncinya adalah fokus. Man jadda wa jadda. Barang siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil. Jangan berhenti berusaha sebelum mendapatkan hasil yang optimal. Semoga semuanya dimudahkan dan sukses untuk UTNnya,”pungkas Rochmat.
Dalam laporannya, Ketua P2TK, Suyud, M.Pd. menyampaikan bahwa mahasiswa PPG SM-3T baru saja menyelesaikan Ujian Tulis lokal dan akan segera digelar Ujian Tulis Nasional pada 16 Januari mendatang. “Para mahasiswa harus dapat mencapai passing grade 60 poin untuk bisa dinyatakan lulus. 10 poin lebih tinggi dari passing grade tahun lalu. Peserta PPG SM-3T yang tidak lulus dapat mengulang pada Ulang I pada 23 Januari dan ulang II 30 Januari,” ungkap Suyud.
Kegiatan ini dihadiri oleh para wakil rektor, dekan Fakultas, Kaprodi dan koordinator prodi untuk PPG SM-3T. Acara diakhiri dengan doa bersama yang dpimpin oleh Dekan FIS Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag.