PENTAS SENI PERPISAHAN PPG SM-3T : SECUIL INDONESIA KITA KEMARIN HARI INI DAN ESOK

Setelah melewati masa pendidikan selama 1 tahun, PPG SM-3T angkatan III mengadakan malam perpisahan berupa pentas seni yang bertajuk Secuil Indonesia Kita,Kemarin, Hari ini dan Esok pada Sabtu (13/2/2016) di halaman Asrama UNY Kampus Wates. Pada sambutannya, Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor I UNY, Wardan Suyanto, Ed.D menyampaikan rasa bangga terhadap angkatan III PPG SM-3T yang telah berhasil lulus 100 %. Walaupun untuk mencapai kelulusan itu tidak mudah. Harus melalui usaha keras dengan terus berjuang untuk mengikuti ujian- ujian ulangan. Semangat pantang menyerah dan terus berusaha menjadi kunci atas keberhasilan ini. “Semoga keberhasilan atas kelulusan 100 % ini akan berlanjut dengan kesuksesan selanjutnya,”harap Wardan.
Pesan Wardan, “Bagi yang lulusan non UNY yang hanya mengenyam pendidikan 1 tahun, saya harap tetap terjalin kerjasamanya dan senantiasa menjaga nama baik UNY di lingkungan masyarakat." Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor I melakukan pelepasan secara simbolis terhadap perwakilan mahasiswa PPG SM-3T.
Bambang Saptono, Ketua Pengelola UNY Kampus Wates menyampaikan bahwa satu tahun masa pendidikan untuk menjadi guru profesional tidaklah lama. “Banyak hal-hal berkesan selama proses pendidikan seperti menjelang UTN akan digelar banyak bermunculan kelompok belajar disetiap prodi. Setelah pengumuman hasil ujian I yang mahasiswa PPG ada yang tidak lulus, suasana asrama menjadi sepi. Tidak ada gurauan ataupun tawa. Rasa empati para mahasiswa lebih mendominasi daripada selebrasi kelulusan. Mulai bermunculan tutorial teman sebaya untuk membantu mahasiswa yang tidak lulus. Kebersamaan dan semangat pantang menyerah menjadi sebuah kunci keberhasilan PPG SM-3T angkatan III untuk bisa lulus 100%,” papar Bambang.
Kegiatan perpisahan pentas ini merupakan wadah bagi mahasiswa PPG SM-3T angkatan III yang berasal dari berbagai daerah untuk memberikan persembahan terbaiknya. Menurut ketua Panitia, Rifqi Rohardian, S.Pd. bahwa tema Secuil Indonesia Kita Kemarin Hari ini dan dan Esok merupakan gambaran latar belakang PPG SM-3T yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia yang berusaha untuk dapat membanggakan Indonesia. “Persembahan ini juga sebagai ucapan terimakasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak baik para kaprodi, dosen dan pengelola wates serta asrama untuk 1 tahun pendidikan yang tidak terlupakan. Perpisahan ini untuk menghadapi masa depan yang lebih baik,”ungkap Rifqi.
Perpisahan pentas ini menampilkan persembahan tarian, karawitan, hadroh, teater, band dan stand up comedy. Pada pentas seni ini juga dibacakan nominasi para PPG SM-3T untuk yang paling tertib aturan, paling taat kepada Tuhan, sahabat baik putra, sahabat baik putri. Acara ini diakhiri dengan penandatangan kaos oleh Pengelola Kampus Wates kepada perwakilan mahasiswa PPG SM-3T yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG SM-3T.