PUBLIC SPEAKING PENGURUS UKKI AL MUJADDID

Bidang jaringan UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) Al Mujaddid UNY Kampus Wates mengadakan diskusi public speaking. Pemateri pada diskusi ini adalah oleh Heri Maulana Senin (21/12/2015) di ruang 201 Gedung Layanan Akademik. Lily Asmawati, selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama panitia dari bidang jaringan. “Jaringan memiliki tujuan untuk berhubungan dalam lingkup internal dan eksternal. Oleh karena itu, acara ini merupakan hal penting bagi pengurus agar PD berbicara di depan umum” kata Lily.
Acara yang dimulai dengan pembacaan tilawah ini berlangsung dengan lancar. Pemateri menyampaikan dengan judul Komunikasi dan Retorika. Kedua hal tersebut sangatlah berbeda dipandang dari sudut keformalannya. “Retorika lebih formal dibanding komunikasi, karena hakikat komunikasi itu terdiri dari 3 inti yaitu proses pengiriman informasi, terjadi antara 2 pihak atau lebih dan menggunakan media” kata beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa di Jepang, pemerintah melarang rakyatnya untuk menertawakan orang lain saat “keseleo” lidahnya. Namun, lain halnya di Indonesia masih banyak orang yang menertawakan orang lain. Materi yang disampaikan pun sangat jelas. Salah satunya penentu keberhasilan komunikasi antara lain 55% bahasa tubuh, 38% nada suara dan 7% kata-kata. Sehingga harus berhati-hati karena persentase bahasa tubuh lebih banyak daripada yang lainnya.
Para hadirin yang termasuk pengurus UKKI sangat antusias dengan materi. Sehingga di akhir acara banyak pertanyaan dari pengurus. Salah satu pengurus bertanya tentang tips-tips agar tidak grogi saat presentasi. Kemudian pemateri menjawabnya, langkah yang harus dilakukan yaitu dengan menyusun kerangka yang akan dipresentasikan berbentuk point-point, fokus pada materi, adanya jangka emosi yaitu sela untuk mengambil tindakan (jangan terburu-buru), lihatlah orang yang memancarkan aura positif, pandangi orang secara sekilas, jangan melihat orang yang tidak memedulikan kita karena itu akan membuat semangat “down”.
Para pengurus bertepuk tangan dengan jawaban yang diberikan. Setelah itu, MC menutup acara. Acara tersebut selesai pada pukul 17.50 WIB. (dini)