SEMARAK DEMOKRASI ALA MAHASISWA UNY KAMPUS WATES

Mahasiswa UNY Kampus Wates ikut berpartisipasi dalam melaksanakan pendidikan politik melalui pemilihan wakil mahasiswa (pemilwa). Di UNY Kampus Wates diadakan pemilihan untuk pemilihan Ketua BEM REMA, DPM dan Ketua BEM Fakultas dan Ketua HIMA PGSD Wates, Ketua Hima PGSD Penjas dan Ketua HIMA D3 Ekonomi. Untuk Periode 2016 ini, HIMA PGSD Wates memiliki tiga kandidat yaitu Shodiq Aziz yang berhasil memperoleh raihan suara terbanyak 105 suara, disusul dengan Aan Kaligi 99 suara, dan terakhir Khanifatur Rachmah memperoleh 31 suara.
Sedangkan untuk kandidat Ketua HIMA Penjas suara terbanyak diperoleh Sheiyawibi yang mendapatkan 62 suara dan pesaingnya Irfan Sodikin mendapat 39 suara dengan suara tidak sah berjumlah 29 suara. Menurut Ketua KPU Kampus Wates, Anis Marsinah menyampaikan bahwa tingkat partispasi dari mahasiswa PGSD Penjas untuk memilih masih cukup rendah.”Dari total jumlah pemilih 240 mahasiswa, mahasiswa yang melakukan pencoblosan hanya 130 mahasiswa dari 240 orang pemilih atau sekitar 58 %,” ungkap Anis.
Jauh berbeda jika dibandingkan dengan partisipasi pemilih untuk Ketua HIMA D3 Ekonomi dari total 311 mahasiswa sebanyak 294 mahasiswa menggunakan hak pilihnya. Perolehan suara Ketua HIMA D3 Ekonomi terbanyak diraih oleh Abdul Halim memperoleh 88 suara, Shintya Aditya 75 suara, Tredy Agung Tahmid memperoleh 56 suara, Dimas Singarimbun 38 suara, dan terakhir Badriatus Soleha 37 suara.
Disela sela kesibukannya,pengelola kampus wates, Bambang Saptono, M.Si. memberikan apresiasi atas pelaksanaan pemilwa ini. “Pemilwa ini merupakan sebuah pembelajaran politik bagi mahasiswa untuk dapat berpolitik secara santun, berkampanye secara beradab dan mampu menerima hasil baik itu menang atau pun kalah. Serta memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar demokrasi dengan menyalurkan apa yang menjadi aspirasinya,” pungkas Bambang.