SILATURAHMI AKADEMIK JURUSAN PGSD UNIVERSITAS MULAWARMAN DI UNY KAMPUS WATES

PGSD FIP UNY menerima kunjungan dan silaturahmi akademik dari Jurusan PGSD Universitas Mulawarman Samarida pada Rabu (7/9) di Auditorium UNY Kampus Wates. Kajur PGSD Mulawarman, Dr. Yudodwiyono menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan merupakan silaturahmi akademik dalam mendapatkan informasi tentang kiat atau tips dalam meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di jurusan PGSD yang akan digunakan dalam proses akreditas jurusan. kunjungan ini selain dosen juga hadir mahasiswa PGSD yang berjumlah kurang lebih 20 mahasiswa.
Pada sambutannya Sekretaris bidang III, F.Suharjana, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang atas kunjungan dari PGSD Universitas Mulawarman. “Semoga kunjungan ini sebagai langkah awal dalam menjalin kerjasama dan dapat saling bertukar pemikiran, motivasi dan inovasi melalui diskusi antar mahasiswa dan dosen bagi kemajuan jurusan PGSD,” ungkap Suharjana.
“Tidak dapat dipungkiri, lulusan PGSD sekarang memiliki tantangan yang sangat berat karena harus bersaing dengan lulusan dari jurusan lain untuk menjadi guru SD. Perlu adanya kesepakatan bersama antar institusi penghasil lulusan PGSD dan pengampu kebijakan di sekolah untuk merundingkan hal ini. Dan melalui forum ini menjadi sangat tepat untuk menjadi bahan diskusi bersama,” tandas Suharjana. Selain itu, juga disampaikan perkenalan singkat tentang UNY Kampus Wates dengan fasilitas sarana dan prasarananya.
Pada kesempatan tersebut, Ketua Jurusan PGSD, Suparlan, M.Pd. menyampaikan bahwa kunjungan ini dapat digunakan sebagai wahana diskusi dan saling bertukar info dan pengetahuan bagi mahasiswa ataupun staf pengajar. “Jurusan PGSD di UNY memiliki 4 kampus, yakni di Kampus pusat Karangmalang, UPP kampus 2 di Mandalakrida dan UPP kampus 3 di Bantul. “Dalam proses pembelajaran di PGSD harus sampai pada tahap implementasi. Dan semua mata kuliah hasil akhirnya adalah dapat menelurkan sebuah produk yang inovatif. Dan strategi da media pembelajarannya dapat diimplementasikan langsung di sekolah sekolah dasar di lingkungan sekitar.
Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa turut juga berdiskusi dan sharing tentang kegiatan mahasiswa seperti penelitian, PKM, kegiatan minat dan bakat mahasiswa. Kunjungan diakhiri dengan berkeliling melihat lebih dekat sarana dan prasarana di UNY Kampus Wates.