SOSIALISASI SNMPTN BAGI SEKOLAH DI KULON PROGO

 Tim Sosialisasi dan Promosi SNMPTN UNY yang terdiri dari Tim Humas, PMB  dan Puskom  mengadakan sosialisasi pendampingan pengisian PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah) pada Selasa (10/1/2015) di Auditorium UNY Wates. Acara dihadiri oleh 50 guru dari  perwakilan sekolah SMA/MA/SMK se Kabupaten Kulon Progo. Pada sambutannya, Kepala Dinas Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. menyampaikan bahwa  pengisian PDSS merupakan gerbang bagi siswa untuk bisa mendaftar SNMPTN. Dan ini menjadi tanggung jawab sekolah terutama guru untuk membantu siswa dalam melengkapi data PDSS. “Data PDSS harus diisi sesuai dengan aslinya. Jangan sampai ada yang salah entri. Hal ini harus benar-benar diperhatikan untuk Bapak Ibu guru yang berada di ruangan ini.”tegas Sumarsana.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Drs. H.Edi Gunawan, M.Pd.I. menyampaikan harapannya agar untuk tahun ini siswa dari sekolah MA di Kulon Progo dapat diterima kuliah melalui jalur SNMPTN. “Ini bisa menjadi motivasi bagi adik kelasnya agar terus berprestari agar dapat diterima kuliah melalui jalur SNMPTN.” Ungkap Edi.

Pada paparan sosialisasi PDSS, Sekretaris Puskom UNY, Kuswari Hernawati, M.Kom menyampaikan tentang pendaftaran SNMPTN mulai dari tata cara pengisian, verifikasi PDSS  dan dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang bersangkutan.  Juga disampaikan jadwal pengisian PDSS sampai dengan daftar ulang yang bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN. Untuk menambah pemahaman para peserta juga dibekali dengan brosur dan video tutorial tata cara pengisian PDSS.

Para peserta antusias untuk memperhatikan dan bahkan tidak jarang langsung menanyakan tentang teknis pengisian PDSS. Sejumlah pertanyaan antara lain tentang pengisian data siswa pindahan yang nilainya dibawah KKM, siswa yang belum punya NISN, pemilihan jurusan untuk SMK, juga termasuk tentang bagaimana agar bisa diterima di SNMPTN. (tsa)