D3 Administrasi Perkantoran

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang administrasi perkantoran berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan responsif terhadap perubahan zaman.

 


MISI

a. Menyelenggarakan pendidikan profesi tingkat ahli madya dengan pola pembelajaran yang berkualitas, terpadu, seimbang dan sinergis  dalam membentuk kompetensi lulusan dengan penguasaan konsep teoritis dan kemampuan aplikasi praktis dalam bidang Administrasi Perkantoran dengan memperhatikan aspek etika profesi.

b. Melakukan pendekatan dan penalaran terhadap permasalahan yang ada dalam bidang Administrasi Perkantoran.

c. Mengamalkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki secara reponsif dan antisipatif terhadap perkembangan zaman.

d. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, pengembangan kurikulum, penyerapan lulusan, dan pengembangan unit produksi.


Tujuan Umum

Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, bernurani, mampu beradaptasi  dan mengantisipasi tuntutan dunia kerja dan perkembangan teknologi.

Tujuan Khusus :

menghasilkan D3 Administrasi Perkantoran yang:

  1. Berjiwa Pancasila, memiliki dedikasi, integritas, dan komitmen yang tinggi terhadap tugas dan bidang profesi sekretari.
  2. Menguasai dasar-dasar disiplin ilmiah, dan keterampilan teknis yang dipersyaratkan dalam melaksanakan tugas profesional di bidang sekretari, sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai tenaga sekretari yang akademik sekaligus profesional.
  3. Memiliki sikap terbuka, tanggap, dan peduli terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan bidang  kesekretarisan.
  4. Memiliki wawasan yang strategik dan global dalam kaitannya dengan perkembangan praktik sekretari.
  5. Memiliki motivasi yang tinggi untuk terus menerus mengembangkan diri baik di lingkungan kerjanya maupun di lingkungan masyarakat secara kreatif dan produktif.

 


Profil  Lulusan
Kompetensi umum lulusan prodi Sekretari D3 FISE UNY memiliki kemampuan  teknis tinggi untuk menyelenggarakan tugas di bidang perkantoran, khususnya aktivitas kesekretarisan. Sedangkan kompetensi secara khusus sebagai berikut:

  1. Mampu melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang kesekretarisan dalam membantu pimpinan dalam menjalankan fungsi-fungsi menejemen
  2. Mampu mengoperasikan berbagai  alat dan fasilitas perkantoran (telepon, facsimile, mesin hitung, mesin komunikasi, mesin tulis elektrik/elektronik/manual, peralatan presentasi, dan sejenisnya)
  3. Mampu menghitung dan mengisi SPT (Surat Pemberitahuan ) Pajak Penghasilan.
  4. Mampu mengelola pertemuan dan berbagai event menurut tatacara yang berlaku
  5. Mampu mengoperasikan berbagai macam aplikasi computer perkantoran (windows, MS Word, Excell, Access, internet dan powerpoint) dalam menyusun laporan dan presentasi
  6. Mampu melaksanakan korespondensi niaga, dinas dan social dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  7. Mampu mengelola (memproses , menyimpan dan memelihara) dokumen/surat dengan berbagai sistim.
  8. Mampu menyusun prosedur yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas pokok organisasi dan  mampu melaksanakan penyempurnaan metode kerja
  9. Mampu melaksanakan berbagai tugas pelayanan informasi  secara prima (service excellent)
  10. Mampu melaksanakan tugas kesekretarisan secara professional, memiliki moral yang tinggi, dan selalu menjunjung tinggi etika profesi.