D3 Akuntasi

SELAMAT DATANG DI PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Home Kurikulum Staf Pengajar Karya Imiah Struktur Organisasi Kegiatan Mahasiswa
Fasilitas Perpustakaan Pendaftaran Peraturan Akademik Alumni Pencarian Pustaka (LAN)
Hima D3 Facebook D3 E-Journal Akuntansi S1 Pendidikan Akuntansi S1 Lowongan Kerja
 
VISI
 
Pada tahun 2025 menjadi program studi vokasi di bidang akuntansi yang unggul dalam menghasilkan lulusan kompeten dan profesional dengan berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
 

MISI
 
Dengan berpedoman pada visi Program Studi, misi Program Studi D3 Akuntansi adalah:
  1. Menyelenggarakan pembelajaran vokasi di bidang akuntansi dalam lingkungan yang kondusif untuk mencetak lulusan yang unggul, kompeten, dan profesional dilandasi ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan vokasi bidang akuntansi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan kontribusi dan alternatif solusi dalam permasalahan praktik di bidang akuntansi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur untuk kemajuan pendidikan vokasi.
  4. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan vokasi bidang akuntansi yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel, serta meningkatkan jejaring kerjasama.
 
 

 
TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan unggul, kompeten, dan profesional di bidang vokasi akuntansi dengan berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan vokasi bidang akuntansi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi dan alternatif solusi dalam permasalahan praktik di bidang akuntansi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur untuk kemajuan pendidikan vokasi.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang baik, bersih, transparan dan akuntabel.
  5. Menghasilkan jejaring kerjasama yang sinergis baik dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri dalam bidang vokasi akuntansi.
 
 

PROFIL LULUSAN

Sesuai dengan tujuan tersebut setiap lulusan diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Memiliki integritas sebagai ahli madya yang unggul, kompeten, dan profesional di bidang vokasi akuntansi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, cendekia, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
  2. Menguasai substansi keilmuan sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan itu, baik untuk kepentingan ilmu sendiri maupun untuk kepentingan pembangunan masyarakat secara umum, melalui kegiatan penelitian.
  3. Memiliki  keterampilan  untuk menerapkan  ilmu dan  keahliannya  di dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Responsif  dan  memiliki  kemampuan  antisipasi yang baik terhadap perubahan sosial, perkembangan ilmu, dan teknologi.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

SASARAN

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY adalah:

1.    Mahasiswa. Yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan indikator rerata indeks prestasi kumulatif 3.50 dengan memperpendek lama studi menjadi 3 tahun.

2.    Pendidikan dan pelatihan. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadari bagi terselenggaranya kegiatan pembelajaran teori dan praktik yang berkualitas.

3.    Penelitian. Yaitu memperoleh hasil penelitian individu, institusi, hingga kerjasama dalam dan luar negeri, dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi.

4.    Kegiatan pengabdian. Yaitu melaksanakan berbagai aktivitas pengabdian pada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa untuk kepentingan lokal program studi, fakultas dan universitas, maupun kepentingan nasional yang lebih luas.

5.    Kerjasama. Yaitu menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak lokal hingga internasional, untuk kepentingan peningkatan akademik maupun sosial.

6.    Tata kelola program studi. Yaitu tersusun dan terealisasinya struktur organisasi yang menggambarkan tanggungjawab dan pertangungjasawab setiap unit organisasi yang jelas dan terukur.

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

STRATEGI

 

Strategi pencapaian yang dimaksud adalah strategi yang dirancang sampai dengan tahun 2014, yaitu:

1.    Meningkatkan Pengelolaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan melalui pengembangan kurikulum sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, pengembangan silabus untuk menjamin keseragaman standar kompetensi yang ingin dicapai, dan pengembangan skenario pembelajaran, serta dengan mengembangkan evaluasi staf pengajar dan mahasiswa melalui pengembangan format evaluasi kinerja staf pengajar dan hasil belajar mahasiswa, serta pengembangan tes sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan agar tetap memperhatikan kompetensi, validitas dan reliabilitas, serta kebahasaan.

2.    Meningkatkan Pengelolaan Penelitian dengan peningkatan karya-karya ilmiah yang relevan dengan mata kuliah yang diampu dengan peningkatan kuantitas - kualitas penelitian, peningkatan publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal terakreditasi tingkat nasional, maupun internasional, dan peningkatan program kemitraan penelitian dengan stakeholder.

3.    Meningkatkan Pengelolaan Pengabdian Pada Masyarakat dengan peningkatan kuantitas - kualitas PPM dosen maupun mahasiswa, peningkatan publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kemitraan PPM dengan stakeholder.

4.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan berbagai pihak dengan membuat dan menindaklanjuti kesefahaman kerjasama dengan lembaga terkait dalam bidang pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

5.    Meningkatkan pengelolaan Sumber Daya Manusia Program Studi D3 Akuntansi (Staf pengajar dan administrasi) dengan pengembangan pedoman dan program rekruitmen dan peningkatan kuantitas SDM dan staf pengajar melalui; seminar/pelatihan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, peningkatan hasil karya ilmiah/publikasi ilmiah/penyusunan bahan ajar/pembuatan media, dan pengembangan  penelitian bidang studi dan penelitian kelas (PBM) serta memberikan penghargaan.

Meningkatkan Pengelolaan Mahasiswa dengan perumusan pola rekruitmen mahasiswa berprestasi dan pelibatan mahasiswa dalam proses pembinaan BEM, penelitian, PKM dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas lulusan secara utuh dan mandiri.

 

_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

LINK KANTOR PUSAT

Kontak Kami

Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Wates
Jl. Bhayangkara No. 7 Wates Kulonprogo Yogyakarta
Tel. 62 274 773906
website  http://wates.uny.ac.id
e-mail: wates at uny.ac.id

 

LINK DIKTI