UNY KAMPUS WATES GELAR UJIAN ONLINE MKU

UNY  Kampus Wates menggelar Ujian Online Mata Kuliah Umum (MKU) untuk pertama kalinya pada  Kamis, (15/1/2015) di Ruang Laboratorium Komputer.  Pada sesi pertama  ujian online MKU untuk mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI)dengan jurusan PGSD. Menurut Dosen Pengampu Mata Kuliah PAI ,  Suparlan, M.Pd.I. ujian online MKU PAI ini merupakan sebuah terobosan baru untuk mengefektifkan ujian dengan menyelenggarakan ujian secara serentak melalui online. “MKU memiliki banyak kelas sedangkan nilai ujian harus keluar setelah 1 minggu sehingga ujian ini akan mengefektifkan hasil ujian karena nilai langsung keluar setelah peserta melakukan finalisasi. “ imbuh Suparlan.

Hasil ujian online ini akan digabung dengan tugas, praktek, tutorial, dan mid. Soal-soal ujian ini dibuat oleh tim yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan sehingga diharapkan soal ujian akan sesuai dengan standart dan memiliki output yang baik. “Walaupun sejauh ini ujian online MKU ini belum dievaluasi,” tambah Suparlan.

Persyaratan untuk mengikuti ujian online MKU adalah memiliki email UNY yang aktif. Tim IT dari  Puskom, Andhika  Widiastomo, S.Kom mengatakan  Ujian online kali ini dapat berlangsung cepat karena mahasiswa banyak memiliki email yang aktif sehingga bisa langsung mengerjakan. Para Mahasiswa PGSD ini mengerjakan soal pilihan ganda berjumlah 60 soal. “Di layar akan terdapat menu  navigasi berisi nomor soal sehingga mahasiswa bisa mengerjakan tanpa harus urut nomor. ” papar Andhika.

Kahfi, mahasiswa PGSD  mengungkapkan antusiasnya untuk mengikuti ujian online MKU PAI.”Saya tidak perlu penasaran dengan hasil nilai karena langsung bisa dilihat dan ujian online dapat melatih kejujuran karena soal diacak sehingga tidak bisa saling contek,” tambah Kahfi. (tsa)