SAMBUNG RASA PIMPINAN UNY DENGAN MAHASISWA PPG –SM3T ANGKATAN VI

Rektor bersama jajaran wakil rektor menggelar diskusi bersama dengan para mahasiswa PPG SM-3T angkatan VI pada Minggu, 1 April 2018 di Asrama UNY Kampus Wates. Pada acara tersebut juga hadir Sekretaris LPPMP, Kepala Biro AKI, Ketua P4TKN dan Ketua pengelola Kampus dan Asrama UNY Kampus Wates.

Pada sambutannya Rektor, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. menyampaikan bahwa selama menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang lekat dengan kehidupan asrama harus memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi. “Sikap toleransi dapat diwujudkan dalam berbagai aspek seperti etika sehari-hari, cara berpakaian, dan beribadah. Satu tahun ini merupakan fase penggemblengan bahwa menjadi guru profesional tidak hanya memiliki kemampuan pengetahuan yang unggul tapi juga memiliki kompetensi sosial kepribadian yang humanis,” ungkap Sutrisna.

“Selain itu juga harus senantiasa bersyukur atas segala yang telah diraih serta terus mengembangkan kompetensi diri dengan belajar baik itu di dalam ruang kelas maupun diasrama dengan memanfaatkan fasilitas kampus yang telah disediakan seperti ruang kelas,internet, perpustakaan ”imbuh Sutrisna.

Wakil Rektor I, Prof. Dr, Margana, M.Hum menyampaikan bahwa Pengelola PPG SM-3T telah merancang dan memfasilitasi pendukung proses pembelajaran sebaik mungkin agar proses lokakarya dapat berjalan optimal. “Siapkan perangkat pembelajaran dan diskusikan dengan guru pamong pada saat peer teaching, buat kelompok –kelompok kecil untuk saling belajar sama untuk mematangkan pondasi keilmuan, “tegas Margana.

Selanjutnya Wakil Rektor II, Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd. memberikan penjelasan tentang pencairan uang yang masih tersendat dari pusat. “Proses keuangan dari pusat sudah sampai ke UNY, semoga satu bulan kedepan pencairan uang dapat segera terlaksana dan teman teman mahasiswa mendapatkan hak yang seharusnya diterima,” jelas Edi. Dan tetap Persiapkan UTN sebaik mungkin, pelajari kisi kisi, gunakan dan jaga fasilitas kampus dengan baik.

Agar para mahasiswa PPG SM-3T UNY yang berasal dari berbagai perguruan tinggi merasa memiliki UNY Wakil Rektor III UNY, Prof.Dr. Sumaryanto, M.Kes menawarkan kepada mahasiswa PPG SM-3T disela sela lokakarya dapat melakukan wisata kampus sebagai salah satu bentuk untuk lebih dekat dengan lingkungan universitas. “Dapat diagendakan untuk dilakukan pertandingan olahraga persahabatan atau pagelaran seni dengan para teman – teman UKM, “ujar Sumaryanto.

Sedangkan Wakil Rektor IV Dr. rer. nat. Senam berpesan kepada para mahasiswa PPG SM-3T untuk terus bersemangat dan pantang menyerah. “Jenuh terhadap RPP, perangkat pembelajaran, harus tetap dinikmati karena PPG ini merupakan sebuah pertaruhan yang harus dimenangkan. Harus bisa lulus UTN dan segera diangkat,” ujar Senam.

Kegiatan ini merupakan wahana bagi para mahasiswa PPG SM-3T untuk menanyakan dan berdiskusi bersama tentang proses pembelajaran lokakarya, fasilitas kampus, pencairan uang, mekanisme PPL, dan referensi media pembelajaran. Para mahasiswa dapat bertanya langsung dan mendapatkan solusi pemangku kebijakan di UNY. (tusti)