TIM PPM PRODI TATA BOGA UNY KAMPUS WATES MENGADAKAN PELATIHAN USAHA KUE DAN ROTI DI KAMPUS WATES

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Wates merupakan salah satu kampus dari beberapa kampus yang berada di kota Wates. Kebijakan UNY Kampus Wates yaitu kampus dengan nuansa vokasi dan siap membangun sumber daya manusia daerah sekitar kampus Wates. Tata Boga merupakan salah satu program studi di UNY kampus Wates yang mempunyai potensi strategis bagi pemerintah dalam mendukung pendidikan non formal bagi masyarakat dibidang kuliner. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Berbagai inovasi dan kreativitas di dunia kuliner membuat perkembangan bisnis di dunia kuliner selama pandemi bisa bertahan. Perkembangan usaha kue dan roti merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Program Pengabdian kepada Masyarakat dari tim PPM Tata Boga FT UNY mengambil tema “PELATIHAN USAHA KUE DAN ROTI BAGI MASYARAKAT SEKITAR KAMPUS WATES UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA”. Kegiatan PPM dilaksanakan di UNY Kampus Wates dengan tujuan yaitu memberikan alternatif ketrampilan membuat produk roti, cake, dan kue kering kepada masyarakat sekitar UNY kampus Wates dengan harapan dapat menjadi bekal dan motivasi dalam mengembangkan usaha serta dapat menambah pendapatan untuk kesejahteraan keluarga terutama bagi ibu-ibu muda atau remaja putri. Selain ketrampilan, kegiatan PPM juga untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan Program Studi Tata Boga Sarjana Terapan (DIV) yang berada di UNY kampus Wates serta untuk membangun sinergitas yang positif antara civitas akademika UNY dengan masyarakat sekitar kampus Wates.

Tim PPM Tata Boga FT UNY dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan mitra dari PLKB Kapanewon Pengasih untuk mensosialisasikan dan menunjuk warga di pedukuhan Kapanewon Pengasih yang benar-benar ingin belajar praktik dalam pembuatan kue dan roti. Kegiatan PPM Tata Boga dilaksanakan di Laboratorium Pastry UNY Kampus Wates yang berlangsung selama 2 hari, yaitu Rabu, 2 Juni dan Jumat 4 Juni 2021. Tim pelaksana kegiatan PPM Tata Boga di Kampus UNY Wates terdiri dari 5 Dosen Tata Boga dan 2 Mahasiswa Tata Boga dari Program Studi Sarjana Terapan. Peserta kegiatan dihadiri 10 orang selalu menerapkan protokol kesehatan. Produk-produk yang dibuat yaitu aneka jenis roti manis, aneka jenis cake, chiffon dan aneka jenis kue kering dengan proses pembuatan yang mudah, alat sederhana serta diaplikasikan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan PPM Tata Boga FT UNY.