Akreditasi BAN-PT sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Prodi D4 Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana Terapan (D4-Teknik Elektro) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (10–11/10/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng., dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dan Dr. Abdul Syakur, M.T. dari Universitas Diponegoro (UNDIP). AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dalam hal ini disampaikan olek Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.

Margana dalam sambutannya menyampaikan bahwa eksistensi sebuah program studi tentu perlu terus dilegal formalkan melalui proses akreditasi. "Kami yakin tahapan ini akan memberikan berbagai masukan demi perbaikan mutu prodi, UNY terus berkomitmen untuk menjalankan tiga jenis pendidikan, yaitu akademik, vokasi, dan profesi. Mulai tahun 2019 jalur vokasi D3 UNY telah bermetamorfosis menjadi D4 atau Sarjana Terapan yang secara bertahap akan dipusatkan di kampus UNY Wates dan Kampus UNY Gunung Kidul", ujarnya.

Sementara itu, Era Purwanto, dalam sambutannya, menyoroti tentang Pendidikan vokasi yang saat ini menjadi tumpuan bangsa dan terus mendapat perhatian langsung dari Presiden Joko Widodo. “Walaupun nampak dipisahkan namun bidang vokasi mesti terus bersinergi dengan bidang akademik sehingga bisa saling mengisi dan melengkapi,” lanjutnya.
“Satu hal yang juga terus diperhatikan pada bidang vokasi adalah pengembangan TEFA (Teaching Factory) agar memiliki peran strategis dalam aktualisasi konsep problem-based learning dalam proses belajar mengajar,” tandasnya.

Abdul Syakur menambahkan bahwa proses asesmen ini lebih pada kegiatan untuk memotret, mencocokan, dan memverifikasi terkait data yang dikirimkan dengan realitas yang ada. “Seperti kita ketahui bersama bahwa data sangatlah dinamis sehingga bisa saja data yang telah disampaikan sewaktu-waktu berubah,” tegasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya kembali menekankan bahwa Program Studi D4 Teknik Elektro merupakan pengembangan dari (D3) Teknik Elektro berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kondisi sarana dan prasarana UPPS dan Prodi melalui kegiatan live virtual tour. Virtual tour dilaksanakan di kampus pusat dan kampus wates, meliputi fasilitas umum di kampus pusat, fasilitas prodi meliputi laboratorium di kampus pusat, kemudian dilanjutkan virtual tour di kampus wates, meliputi fasilitas umum di kmapus wates, dan fasilitas prodi meliputi laboratorium dan bengkel di kampus wates.

Usai acara virtual tour, acara dilanjutkan dengan konfirmasi data APS, LKPS, dan LED yang telah dikirim oleh Tim Task Force (TF) ke BAN-PT. Terdapat beberapa data yang perlu disinkronkan terkait Dosen Tetap Program Studi (DTPS), kesepakatan Tahun Sekarang (TS) akademik dan TS fiskal, serta integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam kegiatan pembelajaran.

Hari kedua, Sabtu 11 September 2021, acara dilanjutkan dengan wawancara terhadap DTPS, kemudian dilanjutkan wawancara terhadap tenaga kependidikan dan laboran, dan wawancara terhadap perwakilan mahasiswa prodi. Acara berjalan dengan lancar, dan mendapatkan apresiasi dari Asesor, bahwa mahasiswa merasa senang dan puas terhadap program studi D4 Teknik Elektro.

Di akhir acara dilakukan pencermatan terkait berita acara AL antara Asesor dengan Tim TF Fakultas, Penjamu Fakultas, dan TF prodi, Telah dilakukan kesepakatan terkait berita acara AL dengan ditandai penandatanganan berita acara dari pihak Asesor, Fakultas, dan Prodi.

Keseluruhan acara kegiatan selama dua hari berjalan dengan lancar, hikmat, dan tentunya banyak masukan-masukan yang diperoleh dari Asesor untuk pengembangan Prodi berikutnya. Pesan dari Asesor adalah segera urus reakreditasi ketika setelah ada lulusan dengan tetap tertib administrasi mulai dari sekarang, krn proses akreditasi sejatinya dimulai dari prodi berdiri sampai prodi itu masi menerima mahasiswa.