Ikut Kontes Robot Terbang Indonesia Tim UNY Raih 5 kejuaraan

Tim Robot Terbang Dreamagination Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali raih prestasi pada kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 dengan tuan rumah Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung dengan berhasil meraih 5 kejuaraan. Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 yang diselenggarakan pada (22-26/09/2023) oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Robot Terbang Dreamagination UNY terbagi 3 divisi dan lima sub divisi yang mengikuti perlombaan di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2023. Divisi tersebut antara lain Racing Plane, Vertical Take Off And Landing (VTOL) dan Technology Development. Sub divisi itu di antaranya yaitu Airframe Innovation, Flight Controller Development, Propulsion System Development ESC/ECU, Propulsion System Development Propeller dan Ground Control Station (GCS)

Prestasi yang diraih oleh Robot Terbang Dreamagination UNY yaitu Juara 1 Racing Plane, Juara 2 Propulsion System Development (ESC/ECU), Juara Harapan 1 Airframe Innovation, Juara Harapan 1 Ground Control Station (GCS) dan Juara Harapan 1 Flight Controller (FC).

Tim Robot Terbang Dreamagination UNY ini merupakan gabungan mahasiswa dari berbagai Fakultas di UNY terutama dari Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi. Selain itu juga ada dari FMIPA dan FIPP. Fakultas Vokasi dalam tim robot terbang berasal dari prodi D-IV Teknik Elektronika, D-IV Teknik Elektro dan D-IV Teknik Sipil.

Tim Racing Plane (Rejection) beranggotakan Abdul Zaid Fatullah dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Evandra Aryadinatha dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Hafidz Rafli Fadhillah dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Ilham Ananta Baharudin dari prodi Teknik Elektro, Johannes Arya Bhima Sena dari prodi Teknik Manufaktur, Muhammad Arya Widiantoro dari prodi Teknik Manufaktur, Nurud Afifah dari prodi D4 Teknik Elektronika, Sema Auria Amanda Saputri dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Azizah Hadiyyatil Maula dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Indra Kurniawan dari prodi Teknik Elektro,Nyi Ajeng Sri Widara Wulan dari prodi Pendidikan Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Yuwono Indro Hatmojo, S.Pd., M.Eng. dengan tema pesawat yaitu “F.A.T (Fast And on Track)”

Tim Az-Zawra Biantara pada sub divisi Propulsion ESC beranggotakan, Edra Jayeng Katon dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Bayu Angga Rahadi dari prodi D4 Teknik Elektronika, Rohan Septi Salmanda dari prodi Teknik Elektro, Bagus Rian Maulana dari prodi Pendidikan Teknil Elektronika, Muhammad Rizqulloh Akbar dari prodi Teknik Elektro, Anggun Nur Azizah dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Runny Indo Saputri dari prodi Fisika, Derizqiadi Thoriq dari prodi D4 Teknik Elektronika dengan dosen pembimbing Nurman Setiawan, M.Eng. dan Oktaf Agni Dhewa, M.Cs. Inovasi yang dibuat yaitu Intelligent Electronic Speed Controller dengan dukungan AIoT.

Sub divisi Airframe Innovation beranggotakan, Ikhlasul Amal Romadhoni dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Akbar Arrazaq dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Alfino Hokkey Ramadhani dari prodi Teknik Manufaktur, Pius Calfin Alfian Nugroho dari prodi Teknik Manufaktur, Muhammad Iqbal Alfariz dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Dzikra Nura Dien dari prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Sasa Andhika dari prodi D4 Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Rohjai Badarudin, M.Pd. dan Dr. Ir. Mujiyono, M.T., IPU. Inovasi yang dibuat yaitu Pesawat Flywing Berbahan Komposit Serat Rami.

Sub divisi Flight Controller Development beranggotakan, Ahmad Nurdin Santosa dari prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Aldhi Febrianto dari prodi D4 Teknik Elektronika, Furqon Taufiq Hidayat dari prodi Teknik Elektro, Raihan Haikal Abrar dari prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Charly Ridhwan Manurung dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Laurentius Gabriel dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Ricovaldo Dzika Susilo dari prodi D4 Teknik Sipil, Alfian Yudisurya dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Rahmah Rizky Rufaidah dari prodi Pendidikan Teknik Elektro dengan dosen pembimbing Oktaf Agni Dhewa, M.Cs. Inovasi yang dibuat Flight Controller Autonomous dengan kendali LQR-JST yang Robust And Adaptif Control

Sub divisi Ground Control Station terdiri dari Fathi Muhammad Nawa dari prodi Teknologi Informasi, Damar Albaribin Syamsu dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, Khoirul Muttaqin dari prodi Pendidikan Sejarah, Surya Agung Saputra dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, Akhil Oktanto dari prodi D4 Teknik Elektronika, Andi Prasetyo dari prodi D4 Teknik Elektronika, Nurani Rosyid dari prodi Pendidikan Akuntansi dan Ayuni Nawangsih Aspurianto dari Pendidikan Luar Biasa dengan dosen pembimbing Oktaf Agni Dhewa, M.Cs. dan Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng. Inovasi yang dibuat adalah Cloud Base Ground Control Station (GCS)

Menurut salah satu tim, Indra Kurniawan menyampaikan bahwa tim telah mempersiapkan secara matang untuk perlombaan KRTI selama kurun waktu 6 bulan. Persiapan dimulai dari bulan April-Agustus, dan persiapan tingkat nasional bulan September. “Selama kurang lebih 6 bulan kami berusaha untuk memaksimalkan waktu dalam membuat inovasi di bidang teknologi objek tanpa awak dan mulai merancang wahana dengan sangat teliti” ucap Indra Kurniawan.

“Pada Technology Development kami merancang inovasi yang dapat digunakan untuk divisi sehingga saling berkaitan, seperti flight controller yang dapat digunakan oleh tim Propulsion ESC, kemudian alat GCS yang dapat digunakan oleh tim Propulsion ESC dan bahan serat rami yang digunakan oleh tim Airframe dapat digunakan oleh keseluruhan tim serta serat rami yang dibuat oleh tim Propulsion Propeller dapat digunakan oleh keseluruhan tim dengan mempertimbangkan ketahanan pada kerusakan pada pesawat” imbuh Aldhi Febrianto selaku ketua tim Az-Zawra Biantara

“Tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada segenap dosen pembimbing atas support dan dukungannya. dengan hasil ini menjadi modal bagi kami untuk tahun depan dapat meningkatkan performa pada ajang kompetisi nasional maupun internasional, harap Aldhi. (Ayuni N./Tha)