Ahmad Rizal Rifani, Mahasiswa Berprestasi Diploma UNY

Ahmad Rizal Rifani, Mahasiswa prodi Sarjana Terapan Teknik Mesin Fakultas Teknik berhasil meraih sebagai Mahasiswa Berprestasi peringkat I pada kategori program Diploma UNY. Penghargaan diumumkan pada puncak Dies Natalis UNY ke 58 di Auditorium UNY belum lama ini.
“Saya sangat bersyukur bisa terpilih menjadi mahasiswa berprestasi kategori program Diploma UNY hal ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, dosen dan lingkungan kampus yang mendukung saya untuk berkarya dan berinovasi. Semenjak memasuki perkuliahan di UNY saya didukung oleh atmosfer untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah baik dari UKM rekayasa Teknologi UNY dan UKM Penelitian Matriks Fakultas Teknik,” ungkap Ahmad
Ahmad yang sejak SMP sudah menekuni karya tulis ilmiah dengan bergabung di organisasi Karya Ilmiah Remaja (KIR) telah meraih kurang lebih 30 prestasi nasional dalam bidang karya tulis ilmiah. Selain itu Ahmad juga bergabung menjadi tim Robotika UNY (Tim Maestro Evo) yang telah berhasil meraih gelar juara III Nasional pada tahun 2020 dan Juara 2 Nasional pada tahun 2021. “Sehingga saya dan tim diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia membawa nama baik UNY ke kancah internasional di kompetisi ABU ROBOCON se- Asia Pasifik,” imbuh Ahmad.
Pemilihan mahasiswa berpretasi ini telah melalui tahapan seleksi dari pemilihan mahasiswa tingkat fakultas melalui seleksi administrasi dan karya. Lalu dipilih satu mahasiswa untuk mewakili Fakultas Teknik untuk melakukan seleksi di tingkat universitas. Ahmad yang memiliki hobi sepak bola dan menulis karya ilmiah menjelaskan bahwa pada tingkat universitas seleksi melalui tahapan administrasi, tes psikologi, tes bahasa asing, tes presentasi gagasan. “ Pada sesi presentasi saya memaparkan tentang gagasan pemanfaatan virtual reality dan augmented reality pada bidang pengelasan,”ungkap Ahmad.
Setelah berhasil meraih peringkat I mahasiswa berprestasi UNY kategori diploma maka mendapat kesempatan untuk melaju ke tahap kompetisi tingkat nasional. “Mohon dukungan dan doanya agar dapat memberikan yang terbaik untuk mewakili UNY dalam kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat LLDIKTI dan akan dipilih tiga terbaik untuk melaju ke tingkat nasional,”harap Ahmad.