Fakultas Vokasi Siap Bersinergi dengan Akademi Martha Tilaar

Tanda Tangan MOU

Akademi Martha Tilaar merupakan bagian dari Martha Tilaar Group yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan tata rias dan kecantikan menjalin kerjasama yang strategis dengan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Acara pengesahan perjanjian kerjasama antar kedua belah pihak digelar pada hari Senin, (4/03) di Ruang Sidang Senat Gedung Layanan Akademik FV Kampus Kulon Progo. Pada kesempatan tersebut hadir tim dari Akademi Bisnis Martha Tilaar yang dipimpin langsung oleh Founder Akademi Bisnis Martha Tilaar, Pinkan Engelien Tilaar. Hadir dari Pihak Fakultas Vokasi selaku Tuan Rumah, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (WD AKA), Dr. Ir. Sutopo, M.T, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha WD RKSIU), Dr. Tri Hadi Karyono, M.Or. Koorprodi Tata Rias dan Kecantikan, Sekretaris Departemen Tata Boga, Tata Busana dan Tata Rias Kecantikan, dan para dosen Tata Rias dan Kecantikan.

Pingkan Engelien Tilaar, menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasamanya dalam memfasilitasi tim dalam seleksi calon kompetitor World Skills Competition (WSC)-Lyon Tahun 2024 dalam bidang hairdressing. Kompetisi ini merupakan kompetisi Tingkat dunia yang mempertandingkan ketrampilan atau kompetensi dari para siswa SMK yang bersertifikasi dunia .Marta Tilaar ditunjuk oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemristekdibud untuk mengawal para calon competitor untuk ajang WSC.

Wakil Dekan AKA, Dr. Ir. Sutopo, M.T. dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Fakultas Vokasi menyambut baik adanya Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Vokasi dan Akademi Martha Tilaar. Fakultas Vokasi yang baru saja genap berumur satu tahun membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama pihak industri. Sebagai lembaga pendidikan vokasi memperlukan kerjasama sinergis dengan dunia kerja industri. Diperlukan link and match antara dunia industri dan Pendidikan Tinggi sehingga diharapkan kedepan lulusan dari perguruan tinggi mampu memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Disela-sela acara, Wakil Dekan RKSIU, Dr.Tri Hadi Karyono, M.Pd. juga menyampaikan bahwa kedepan semoga untuk kerjasama ini tidak terbatas pada satu prodi Tata Rias dan Kecantikan tapi juga dapat diikuti kerjasama dengan oleh prodi-prodi yang lain di Fakultas Vokasi baik dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat ataupun kewirausahaan.

Kerjasama ini diharapkan dapat ikut mendorong terwujudnya kolaborasi dan sinergi yang kuat antara Fakultas Vokasi dan Akademi Martha Tilaar dalam mendukung pendidikan, penelitian dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia bagi dunia industri masa depan. (Tusti)