Rachan Abirupa Event Organizer Gelar Pameram Seni dan Bakti Sosial

VokArt-Expo-23

Rachana Abirupa Event Organizer dari program studi D4 Administrasi Perkantoran Fakultas Vokasi UNY gelar event “ART EXHIBITION VOKART EXPO 2023” pada hari Sabtu - Minggu {4-5/11) di Langgeng Art Foundation Jl. Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran ini bertemakan “Keindahan Mata Memandang”. Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen dari prodi D4 Administrasi Perkantoran Fakultas Vokasi UNY, anak - anak panti asuhan, para media partner, para seniman yang telah mengirimkan karya mereka serta masyarakat umum.

Menurut Ketua Panitia, Mayang Kartika Prinasar tema tersebut mengartikan bahwa setiap goresan dan perpaduan warna merupakan keindahan karena makna keindahan bagi setiap orang berbeda dan mengajak masyarakat lebih terbuka untuk lebih menghargai seni khususnya untuk para seniman. “Karya yang ditampilkan dalam pameran kali ini tidak hanya berupa 2D namun ada juga yang berwujud 3D, karya yang ada dalam pameran kali ini tidak hanya menghadirkan karya dari seniman yang berasal dari yogyakarta saja namun ada juga beberapa karya dari Surakarta,” ujar Mayang.

Selain pameran juga ada kegiatan melukis bersama anak panti asuhan. Para anak anak dari panti asuhan akan mengekspresikan kreativitas dan emosional mereka melalui setiap goresan warna yang mereka lukis di media canvas. Rachana Abirupa Event Organizer mengajak masyarakat untuk berbagi kepada yang membutuhkan baik materi maupun barang yang akan diberikan secara langsung kepada pihak panti asuhan Yauma Bantul.

“Dan uniknya, dalam pameran ini juga pengunjung dapat menuliskan harapan atau perasaan mereka untuk di tempel di kaca. Tidak sedikit pengunjung yang mencurahkan isi hati mereka untuk seseorang yang spesial, imbuh Mayang.

Dalam sambutannya dosen pembimbing, Chusnu Syarifa Diah Kusuma mengatakan bahwa EO yang terbentuk dari mata kuliah event organizer ini menggunakan metode project based learning, dengan maksud agar mahasiswa dapat meningkatkan 4C softskill (communication, collaboration, creativity, critical thinking).

Dalam kegiatan juga iisi dengan kegiatan Artists Talk yang diisi oleh narasumber Dimas Husein, Seorang seniman yang lahir di Tulungagung, 19 Maret 2001 dan Faisal Sidik, Seorang seniman yang lahir di Bekasi, 01 Juni 1999. kegiatan artists talk ini dihadiri oleh seniman seniman yang telah mengirimkan karyanya dan juga rekan rekan seniman lain. dalam Artists talk ini para seniman melakukan tanya jawab terkait karya yang mereka buat dan juga bercerita terkait detail pembuatan karya mereka serta filosofi mendalam karya mereka. Pengunjung juga disuguhkan dengan penampilan beberapa band lokal yang tidak kalah keren seperti Dopamine Band , Neptune & friend, Teraserink Band, Execution Band.

Sembari menikmati penampilan dari band lokal pengunjung juga dapat menciptakan karya mereka melalui media yang sudah disediakan oleh panitia yaitu “Fun Painting” berupa satu paket alat untuk melukis seperti canvas, cat, kuas, dan palet. Selain paket melukis pengunjung juga dapat melukis pada media kaset dengan harga yang dibandrol 15 ribu rupiah sedangkan media canvas di bandrol dengan harga 30 ribu rupiah.

Dalam acara pameran ini para pengunjung diminta untuk melakukan voting untuk karya terfavorit dengan melakukan scan barcode yang telah disediakan. Bedasarkan hasil vote perolehan suara terbanyak dimenangkan oleh seniman Oktaviani Saputri dengan karyanya berjudul Goresan Warna. Tidak hanya untuk seniman namun juga untuk volunteer yang aktif juga mendapatkan apresiasi dengan nominasi Best Volunteer.(Chusnu/Tha)