UNY KAMPUS WATES GELAR KEJUARAAN RENANG ANTAR SEKOLAH SE-DIY

UNY  Kampus Wates bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Wates Kulon Progo dan Pengkap Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kulon Progo menggelar Kejuaraan Renang Antar Sekolah (KRAS) se-DIY pada (31/5/2015) di Kolam Renang UNY Kampus Wates. Pada sambutannya Ketua Pengelola UNY Kampus Wates, Bambang Saptono, M.Si. menyampaikan bahwa peserta renang berasal dari atlit yang sekolahnya  berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan kejuaraan ini dikuti oleh ini 159 sekolah se-DIY dengan jumlah peserta 255 dengan 795 nomor lomba. “Kejuaraan ini dibagi berdasarkan kelompok umur dengan KU I (15 tahun keatas), KU II (13-14 tahuan), KU III (11-12 tahun), KU IV (9-10 tahun) dan KU V (8 tahun dan dibawahnya).” Imbuhnya.

Pada sambutan pembukaannya, Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si. memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kejuaraan renang antar sekolah ini yang akan membawa dampak positif bagi lahirnya atlit-atlit muda berbakat. “kejuaraan renang ini merupakan perlombaan sebelum Ujian Kenaikan Kelas dan puasa. "Semoga sukses dan membawa hasil yang terbaik,” tutup Sumarsana.

Menurut Ketua Panitia, Subagyo, M.Pd. Pada kejuaraan ini semua nomor-nomor perlombaan akan dilaksanakan langsung final. Dan menggunakan Peraturan 1 ( satu ) kali start.  Kegiatan ini memperlombakan renang Gaya Bebas, Gaya Dada, Gaya Kupu-Kupu, Gaya Punggung, dan Gaya Ganti perorangan dengan menempuh jarak bervariasi mulai 50 m, 100 m dan 200 m. “Peserta yang mengikuti perlombaan bukan pada kelompoknya akan didiskualifikasi,”tambah Subagyo.

Pemenang 200 m bebas KU V Putri juara I Keysa Gendis, Juara II Nayla Grizhella Putri S., Juara III Keryn Charlie Dickinson. Kategori 100 m Punggung KU I/senior putra juara I diraih oleh Febri Ridho Baharianto, Juara II Rizky Arfiyanto, dan Juara III Muh. Gibran Aditama. Kategori 200m bebas KU IV putra juara I diraih oleh Yossalino Andreas, Juara II Muhammad Ilham, Dan Juara III Halim Dwinanta. Kategori 200 m bebas KU IV Putri untuk juaran I diraih oleh Nusa Oryza, juara II oleh Elidya Karensa dan juara III Sri Haryati Desiana Dewi. Dan kategori 100 m bebas KU V putra diraih oleh Ferdy Maulana Pasha,juara II Rifhi Fatuttohman, dan juara III diraih oleh Solomon Darren.